Berita Nasional

Kapolri dan Panglima TNI Kunjungi Kepri, Cek RS Corona – Kesiapan New Normal

Kapolri Jenderal Idham Azis dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto pagi tadi mengunjungi RS Corona di Pulau Galang, Kepulauan Riau (Kepri). Kedatangan keduanya juga untuk mengecek kesiapan new normal di Kepri.

Keduanya bertolak dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, menuju Bandara Hang Nadim, Batam, Kepri, pagi tadi pukul 09.00 WIB.

Setiba di Bandara Hang Nadim, Batam, Panglima TNI dan Kapolri disambut oleh Pangdam Bukit Barisan, Kapolda Kepulauan Riau, dan Asisten II Pemprov Kepulauan Riau, yang mewakili Plt Gubernur Kepulauan Riau. Panglima TNI dan Kapolri disambut dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan COVID-19, yaitu dengan tidak bersentuhan, menggunakan masker, dan menjaga jarak.

Panglima TNI dan Kapolri kemudian langsung menuju VIP Room Bandara Hang Nadim untuk melaksanakan rapat internal terkait kesiapan dan pelaksanaan penerapan prosedur standar new normal serta peninjauan fasilitas Rumah Sakit Khusus Infeksi COVID-19 di Pulau Galang, Kepulauan Riau.

Rapat internal diawali dengan paparan dari jubir Gugus Tugas Penanganan COVID-19 yang juga sebagai Kadinkes Provinsi Kepri H dr Tjetjep Yudiana, MKes, yang menjelaskan tentang situasi terkini jumlah pasien positif COVID-19, pasien yang sembuh, dan yang meninggal dunia di wilayah Kepri.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan paparan dari Kepala Rumah Sakit (Karumkit) RSKI COVID-19 Pulau Galang. Dalam paparannya, Karumkit RSKI Covid-19 Pulau Galang Kolonel CKM Dr dr Khairul Ihsan menjelaskan gambaran tentang operasional RS Khusus Infeksi COVID-19 Pulau Galang yang telah beroperasi sejak 6 April 2020. Selain itu, Karumkit RSKI COVID-19 Pulau Galang menyampaikan beberapa hambatan dan kendala, di antaranya perlunya mobil operasional untuk mobilitas petugas di dalam area RSKI COVID 19 Pulau Galang.

Kapolri menyampaikan, dalam penerapan disiplin di era adaptasi baru ini, diperlukan soliditas semua unsur sehingga dapat berjalan dengan baik.

“Mari kita solid. Mari kita mendisiplinkan diri dengan menjaga kesehatan, berpola hidup sehat, cuci tangan pakai sabun, menggunakan masker, dan physical distancing. Itulah yang mana kita semua bersatu padu mengajak masyarakat setidaknya menaati empat slogan tadi, yaitu cuci tangan, pola hidup sehat, menggunakan masker, dan physical distancing,” jelas Jenderal Idham dalam keterangan yang diterima, Jumat (12/6/2020).

Sementara itu, Panglima TNI menyampaikan kedatangannya bersama Kapolri ke Kepri dalam rangka menemukan solusi terbaik untuk pencegahan COVID-19 karena Kepri merupakan pintu masuk lalu lintas orang dari dan ke luar negeri. Panglima TNI menyampaikan bagaimana seluruh unsur bisa solid dan bersinergi agar dapat menyaring, dapat memfilter, pergerakan orang sehingga meminimalkan penyebaran COVID-19 di pintu masuk Kepulauan Riau ini.

“Soliditas empat unsur, yaitu TNI-Polri, unsur pemerintah daerah, unsur pengelola baik pengelola pasar, pengelola mal, pengelola perkantoran, dan unsur masyarakat, sangat penting dalam penerapan disiplin menghadapi COVID-19 ini,” tegas Marsekal Hadi.

Selesai melaksanakan rapat, Panglima TNI dan Kapolri secara langsung menyerahkan dua unit mobil kepada Danrem 033/WP untuk memenuhi kebutuhan RS Khusus Infeksi COVID-19 Pulau Galang. Rombongan kemudian bergerak menuju RS Khusus Infeksi COVID-19 Pulau Galang untuk mengecek seluruh fasilitas yang ada.

Kegiatan peninjauan diakhiri dengan pengecekan fasilitas kamar perawatan dan penyerahan bantuan secara simbolis oleh Panglima TNI dan Kapolri kepada para petugas medis dan petugas pendukung di RS Khusus Infeksi COVID-19 Pulau Galang.

Dalam kunjungannya ke Kepulauan Riau, Panglima TNI didampingi oleh pejabat Mabes TNI, yaitu Asops Panglima TNI, Aslog Panglima TNI, dan Pangdam I Bukit Barisan. Sementara itu, Kapolri didampingi oleh As Ops Kapolri, As SDM Kapolri, Kadiv Propam Polri, Kapolda Kepulauan Riau, Dirtipidum Bareskrim Polri, Dirtipidsiber Bareskrim Polri, dan Karo Binkar SSDM Polri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!