Giat Ops

Statemen Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpaw pada saat penyerahan Sembako di posko Yoniv 751/ Reider di Sentani

Magelang Selatan,  Sentani – Saya baru kemarin setelah dilantik diamanahkan oleh Bapak Kapolri, Bapak Panglima TNI, Bapak Polhukam memerintahkan untuk segera coba melakukan conditioning berkaitan situasi para pengungsi katakan yang sudah eksodus dari beberapa wilayah, Selasa ( 01/10 )

Saya katakan dari beberapa wilayah, tidak hanya Wamena. Ada beberapa lingkaran dari sekitar Wamena itu ada beberapa yang turun bergabung, khususnya dari Wamena.

Tercatata di kami di sini bahwa Dan Lanud sudah mendata total yang turun ada 4656 orang. Itu yang sudah turun dari berbagai daerah di sekeliling Jayawijaya.

Jayawijaya ini dulu satu kabupaten tapi sekarang menjadi 8 kabupaten, sehingga itulah yang saya maksud dari beberapa daerah itu. Mereka sekarang juga sudah ada beberapa kembali ke saudara atau paguyuban mereka.

Jadi yang terdaftar dari 6 posko yang ada di sini 751, tadi Lanud, Rindam, termasuk di beberapa tempat ibadah masjid. Itu terdata ada 880 orang.

Kami berharap sampai di sini dulu. Karena yang masih tersisa di Wamena mereka tidak turun.

Kami menjamin keamanannya. Artinya kekuatan kami akan kami pertebal, membuat senyaman mungkin saudara kita du Wamena dan sekitarnya.

Kami TNI-Polri siap untuk menjamin keamanan itu. Pemerintah dalam hal ini Bapak Gubernur, sebelum pelantikan kemarin sudah naik dengan beliau ke atas dengan Bapak Pangdam.

Beliau sudah menjamin bahwa keamanan. Tapi namanya kejadian luar biasa ya pasti ada trauma, trauma ini yang kita sedang buat truma healing untuk anak-anak dan ibu-ibu dapat. Petugas sedang bekerja untuk memberikan ketenangan bagi mereka.

Mudah-mudahan dalam waktu cepat mereka bisa menyadari tentang kejadian itu dan saudara yang akan kembali ke kampung halaman kami harap sebentar saja dan bisa kembali berusaha bekerja.

Anak sekolah dan lain lain akan kita bantu terutama di Jayawijaya itu, khususnya Wamena.

Pemerintah Sulawesi Selatan dan Sumatera Barat juga hadir artinya ada komunikasi yang baik. Mudah mudahan dengan Bapak Gubernur di sini pemerintah di sini menjalin komunikasi baik agar cepat memulihkan semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!